Selasa, 16 Juni 2015

Makna Dari Kegagalan

Tulisan "makna dari kegagalan" ini berdasarkan pada intisari dari pidato Denzel Washington pada wisuda University of Pennsylvania. Isi dari pidato Denzel sangat bagus dan inspiratif. Video pidato tersebut dapat dilihat pada link Youtube di bawah ini.



"I found that nothing in life is worthwhile unless you take risks. Nothing!" - Denzel Washington
"There is no passion to be found playing small - in settling for a life that is less than the one you are capable of living." - Nelson Mandela

Quotes diatas mendorong kita untuk mengambil risiko, jangan bermain aman, keluarlah dari zona nyaman anda untuk mengeluarkan potensi terbaik anda.

Don't fall back on anything.. fall forward!
Sebagai anak muda pasti orang tua anda ingin anda untuk bermain aman sehingga kalau anda jatuh, ada pegangan, anda bisa kembali, anda bisa menggantungkan diri anda pada sesuatu yang aman. Akan tetapi, ketika anda jatuh sebaiknya anda jatuh ke depan, sehingga anda akan terus maju dan bukan mundur.

Every failed experiment is one step closer to success.
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, jangan serta merta berbalik arah ketika anda gagal. Ingat, apabila anda mengalami kegagalan, ada pelajaran yang berharga untuk memperbaiki usaha anda yang pada akhirnya akan berujung pada kesuksesan.


Tiga poin penting mengenai kegagalan:

1. You will fail at some point in your life, accept it!
Anda pasti akan gagal pada suatu titik kehidupan anda, jadi jangan takut untuk gagal. Terima hal itu, siapkan diri anda untuk kegagalan. I didn't quit, I didn't fall back - Jangan berhenti ketika anda gagal.

You hang around the barbershop long enough, sooner or later you're going to get a hair cut.
Ketika anda mencoba terus menerus, suatu saat anda pasti akan berhasil. Misalnya anda ingin menjadi artis terkenal, maka anda mengikuti audisi dan berada pada lokasi "syuting" film dalam waktu yang cukup lama, suatu saat anda akan kebagian peran.

Every graduate here today has the training and the talent to succeed. But do you have the guts to fail?
Permasalahan klasik dari para sarjana fresh graduate. Anda memiliki ilmu, pelatihan, dan bakat yang cukup untuk sukses, tetapi apakah anda punya nyali untuk sukses? Kebanyakan para sarjana yang tidak punya nyali berkumpul di job fair :)

2. If you don't fail, you're not even try.
Apabila anda tidak gagal atau tidak pernah gagal, maka anda bahkan tidak mencoba sama sekali. To get something you never had, you have to do something you never did. Misalnya anda tidak pernah memiliki pacar, tetapi ingin memiliki pacar, cobalah refleksi dan lakukanlah sesuatu yang tidak pernah anda lakukan (berkenalan dengan orang asing di cafe misalnya).

3. Failure, sometimes is the best way to figure out where you're going.
Kegagalan juga bisa berarti bahwa mungkin jalan yang anda ambil bukanlah jalan anda, Denzel tadinya mengambil jurusan kedokteran, hukum, jurnalisme (IPK 1.8), baru pada akhirnya sukses di akting. Your life never be a straight path, beberapa orang mungkin harus menempuh jalan yang sangat berliku, namun yang terpenting adalah take a risk and willing to fail.

Itulah sedikit tulisan mengenai "Makna Dari Kegagalan", terima kasih sudah membaca. Seperti biasa, semoga hari anda menyenangkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar